Fakultas Kehutanan IPB

Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB bisa jadi pilihan bagi kalian yang sangat menyenangi ekowisata atau wisata hutan. Belajar di jurusan ini mengharuskan kita untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi antara melestarikan hutan namun juga menjadikannya obyek yang dapat dinikmati oleh manusia. Dengan penanganan yang tepat, maka simbiosis mutualisme dapat berjalan antara kepentingan manusia untuk berekreasi dengan kelestarian hutan dan penghuninya.

Selain yang bersifat materi perkuliahan, berkuliah di jurusan ini juga membuat kita harus terbiasa terjun ke lapangan atau ke hutan. Salah satu kegiatan tersebut selain dibina oleh pihak kampus, namun juga oleh himpunan-himpunan jurusan yang bersangkutan. Mereka biasanya mulai mencari potensi wisata yang bisa digali dengan tetap mengedepankan aspek konservasi kelestarian hutan. Bentuk kegiatannya antara lain adalah pemerhati burung Prenjak, yang bertugas untuk mengamati dan mengawal pertumbuhan habitat burung yang satu ini.

Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB bukan satu-satunya jurusan yang bertugas mengurus hutan karena masih ada beberapa jurusan lainnya yang juga memiliki fungsi serupa tapi tidak sama. Jurusan-jurusan tersebut antara lain  Manajemen Hutan, Pertumbuhan Pohon dan Teknologi Produk Hutan. Keempat jurusan ini sama-sama mengurus konservasi hutan namun dalam bidang yang berbeda. Ada yang fokus pada pengelolaan tanaman hijau dalam hutan, pada kreasi teknologi hasil hutan maupun wisata hutannya itu sendiri.