Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan memiliki sumber daya alam yang berlimpah, selain itu keindahan panorama alam yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri dari segi sektor pariwisata. Industri pariwisata yang ada di Indonesia merupakan salah satu penyumbang devisa atau pendapatan negara terbesar selain sektor industri lainnya seperti migas, karena tempat wisata di Indonesia selalu banyak dikunjungi oleh turis asing ataupun mancanegara. Selain Bali, masih banyak tempat wisata lain yang juga memiliki banyak pengunjung seperti berbagai tempat wisata di Jawa Barat, Pulau Wakatobi dan juga destinasi lainnya. keindahan alam serta masyarakat yang ramah yang ada diberbagai sektor wisata Indonesia, menjadi magnet tersendiri untuk pengunjung asing ataupun lokal dalam berwisata.

Atas dasar hal tersebut Indonesia menjadi salah satu tujuan paling menarik bagi para investor, dan investasi disektor wisata tersebut dapat membuat pembangunan industri pariwisata menjadi terbantu baik infrasturktur ataupun fasilitas yang ada. Selain itu kinerja pariwisata yang semakin meningkat juga menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi paling menarik saat ini, baik terhadap investor asing ataupun lokal. Adanya beberapa investasi di sektor pariwisata tersebut juga dapat membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat Indonesia sendiri, yang mana sektor wisata tersebut banyak menarik lapangan kerja untuk para pemudah yang terampil dalam membantu mengembangkan pembangunan berbagai tempat wisata, serta menjadi bagian dari tenaga kerja di tempat wisata tertentu.

Industri pariwisata Indonesia yang banyak di buru oleh para investor untuk dapat melakukan investasi adalah pada sektor culture and heritage ( budaya dan warisan sejarah ), dan rich natural resources ( kekayaan alam dan keindahan alam ). Hal tersebut merupakan bagian dari daya tarik para investor untuk berinvestasi pada industri pariwisata di Indonesia, maka dari itu semakin meningkatnya invetasi pariwisata akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat karena akan membuka lapangan kerja baru. Meningkatnya investasi pada sektor pariwisata tersebut juga dinyatakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), selain itu bukti dari Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi paling menarik di sektor pariwisata juga didukung dengan banyaknya minat untuk menanamkan modal di sektor kawasan pariwisata dan kawasan industri melalui pemasaran investasi yang dilakukan oleh BKPM.