Archive for December, 2016

Resep Buka Puasa, Pepes Ayam  

Resep Buka Puasa, Pepes Ayam  

0

Resep Buka Puasa, Pepes Ayam  Berbagai aneka hidangan pada bulan ramadhan biasanya akan dinantikan oleh setiap muslim dipenjuru dunia termasuk di Indonesia yang memiliki mayoritas umat islam. Sebagai ibu rumah tangga tentunya harus pandai-pandai dalam memilih hidangan untuk keluarga. Resep buka puasa bisa sangat bervariasi. Salah satu hidangan utama yang dapat disajikan ketika berbuka puasa adalah pepes. Pepes adalah makanan khas Indonesia khususnya dari Sunda. Pepes sendiri didalamnya sangat banyak anek jenis bumbu yang membuatnya menjadi salah satu hidangan yang kaya rasa dan sangat nikmat untuk dinikmati. Pepes yang disajikan selagi masih hangat dengan nasi putih yang juga masih hangat tentunya akan membangkitkan selera makan anda dan keluarga.

Anda cukup menyiadakan waktu kurang lebih satu jam untuk memasak hidangan tersebut. anda juga dapat membuat anek jenis pepes. Misalnya pepes ayam, ikan atau juga pepes jamur. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai resep buka puasa berupa pepes ayam. Berikut adalah beberapa bahan dan langkah untuk membuat hidangan tersebut :

Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • 500 gram ayam yang dipotong menjadi 10 bagian
  • 1 ikat daun kemangi
  • Satu butir telur ayam
  • Tiga sendok makan minyak goreng
  • Lima buah serai yang dimemarkan
  • Lima lembar daun salam
  • Lima lengkuas yang diriis kecil
  • Satu sendok makan minyak goreng
  • Lima lembar daun pisang

Bumbu yang dihaluskan :

  • Empat buah bawang merah
  • Dua buah bawang putih
  • Jahe secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Satu sendok teh terasi yang dibakar
  • Empa buah cabai merah keriting
  • Satu sendok makan gram

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat resep buka puasa berupa pepes ayam adalah sebagai berikut :

  • Mencampurkan ayam dengan bumbu yang dihaluskan kemudian disisihkan
  • Pada wadah yang terpisah memasukkan telur, cabai rawit, minyak goreng, daun kemangi kemudian diratakan dan dibagi menjadi lima bagian sama rata
  • Bungkus ayam yang telah dibumbui dengan daun pisang dan tambahkan telur yang telah dicampurkan diatas. Kemudian menambahkan serai, daun salam, serta lengkuas dibagian atasnya.
  • Mengukus ayam yang telah dibungkus selama kurang lebih dua puluh menit sampai ayam dirasa benar-benar matang. Angkat dan kemudian disajikan selagi hangat.

Cara untuk membuat resep ayam diatas cukup mudah bukan? Anda dapat menyajikan resep buka puasa berupa pepes ayam untuk anggota keluarga anda. anda juga dapat menambahkan sambal ketika hendak memakannya. Untuk minuman pelengkapnya anda juga dapat membuat teh manis hangat atau es teh manis dari Sariwangi. Teh ini sudah menjadi favorit keluarga-keluarga di Indonesia. Sehingga tentunya tidak akan mengecewakan anda dan keluarga. Cobalah untuk selalu menyediakan teh tersebut untuk anda dan keluarga sehingga dapat disajikan setiap saat.

Apa Saja Rutinitas Bayi Yang Baru Lahir?

Apa Saja Rutinitas Bayi Yang Baru Lahir?

0

Menyambut lahirnya buah hati yang telah dinanti-nantikan memang merupakan sebuah hal yang sangatlah membahagiakan untuk setiap pasangan suami istri. Nah, pada sisi lain, ibu ada tantangan tersendiri setelah melahirkan si kecil. Apa itu ? Ibu harus dapat mengenal apa saja kiranya rutinitas bayi yang baru lahir dan ibu perlu untuk bisa menyesuaikannya. Apalagi jika ini baru kali pertamanya ibu menimang buah hati. Nah, berikut ini ada penjelasan yang cukup singkat terkait rutinitas dari si kecil yang baru lahir.

Rutinitas Bayi Yang Baru Lahir

Mulai dari rutinitas tidur bayi. Saat baru lahir memang bayi belum mempunyai pola tidur yang teratur. Ia bisa kapan saja untuk tidur, tak mengerti kapan siang dan juga malam. Sehingga tidak jarang juga di malam hari ia bangun dan justru di siang hari ia tidur. Perhatikan pola tidur bayi dan ibu perlu untuk perlahan-lahan memperkenalkan pola tidur yang baik pada si kecil. Untuk jumlah waktu tidur pada bayi usia 1 hingga 3 bulan adalah kurang lebih 15.5 jam sehari dengan pembagian 8.5 jam di malam hari serta 7 jam di siang hari. Caranya bisa dilakukan dengan mengajak si kecil beraktivitas seperti berinteraksi pada pagi hari maupun sore. Lalu jika saat malam, ibu melihat si kecil sudah nampak mengantuk, maka hentikan aktivitas bermain-main dan ajak si kecil untuk tidur. Anda juga disarankan untuk sebaiknya tidak mengganti popok bayi pada malam hari kecuali jika memang si kecil buang air besar.

Berikutnya adalah rutinitas makan bayi yang baru lahir. Pada umumnya si kecil yang baru lahir punya waktu menyusu 8 sampai 12 kali dalam waktu 24 jam. Akan tetapi waktu tersebut tidak harus menjadi acuan. Ibu bisa menyusui si kecil kapan saja saat ia memintanya. Ini juga bisa menjadi sinyal untuk ibu dapat mengenal bagaimana cara si kecil ketika merasa lapar.

Lalu rutinitas yang tak kalah penting pada si kecil yang baru lahir adalah mandi. Ibu tidak disarankan untuk memandikan si kecil ketika ia merasa lapar maupun mengantuk, atau si kecil baru saja selesai makan. Mandi pada sore hari dirasa sebagai waktu yang tepat dan waktu yang nyaman untuk si kecil sehingga juga dapat membantunya untuk mudah tidur malam. Jika tali pusat bayi anda belum lepas, jaga agar selalu kering. Dalam memandikan bayi yang baru lahir, gunakan perlengkapan mandi khusus untuk bayi. Mulai dari sabun, shampoo dan lain sebagainya. Untuk sabun dan shampoo, anda bisa memilih Zwitsal Baby Bath 2-in-1 Hair & Body yang memang diformulasikan khusus untuk bayi. Ditambah lagi juga dalam produk Zwitsal tersebut dibuat dari bahan alami yang aman untuk kulit si kecil yang tipis. Bahkan Zwitsal merupakan produk bayi yang sudah teruji Hypoallergenic sehingga sangat kecil resiko bayi mengalami alergi.

Go to Top