Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil – menjaga kesehatan janin didalam perut sangatlah wajib diperhatikan. Apalagi jika bagi ibu muda yang baru hamil untuk pertama kalinya. Banyak hal yang perlu butuh penyesuaian agar ibu tetap merasa nyaman dan bahagia ketika sedang mengandung. Tak hanya itu, setelah bayi dilahirkan nanti juga butuh perawatan yang ekstra misalnya perawatan pada kulit bayi. Kulit bayi umumnya terbilang masih sangat lembut dan juga memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi. Oleh karena itu, dalam memilih produk perawatan bayi ada baiknya bunda memilih produk dari Zwitsal yang aman dan berbahan dasar alami.

Mengatasi Keluhan yang Terjadi pada Ibu Hamil

ibu hamil

Beberapa keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil dapat diatasi sebagai berikut :

  1. Cara mengatasi keluhan sekaligus perubahan fisik

Keluhan dan perubahan fisik pada ibu juga dapat menyebabkan gangguan tidur pada ibu. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dalam hal ini adalah tetap agar si ibu bisa merasakan kenyamanan yang ekstra. Biasanya, keluhan ibu hamil berupa mual, muntah, bahkan juga sangat sensitif terhadap bau parfum apapun. Untuk mengatasi hal ini, berikan makanan yang sering dalam porsi yang sedikit sekaligus memperbanyak mengkonsumsi air putih. Berikan juga asupan nutrisi, protein, dan juga zat besi agar mampu mengurangi rasa lemas ketika hamil. Hindari berdiri terlalu lama dan berbaringlah menghadap ke kiri ketika bunda sedang merasakan pusing.

Baca Juga : Mainan yang Tepat untuk Bayi

  1. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, rokok, dan juga yang berkafein

Rokok sangat tidak baik bagi ibu yang sedang hamil baik perokok aktif maupun perokok pasif. Bahaya dari mengkonsumsi rokok adalah dapat meningkatkan risiko keguguran, persalinan prematur, dan juga mengalami masalah pada plasenta bayi. Batasi juga mengkonsumsi minuman berkafein agar dapat  menjaga kehamilan anda.

  1. Kendalikan kondisi emosional

Selain posisi tidur yang baik untuk ibu hamil , dalam menjaga kesehatan buah hati dan juga ibu adalah dengan mengendalikan emosi ketika sedang mengandung. Jangan sampai bunda merasakan stress yang berlebihan karena akan mempengaruhi kesehatan emosional bunda nantinya.

  1. Waspadai tanda – tanda bahaya saat kehamilan

Anda juga harus mewaspadai tanda – tanda bahaya saat kehamilan, misalnya cairan vagina yang mengalami perubahan warna, bau, bahkan juga menimbulkan rasa gatal yang memungkinkan terjadinya infeksi. Dalam hal ini ada baiknya anda sering berkonsultasi dengan dokter.

  1. Mempererat hubungan anda dengan pasangan

Saat hamil, anda bisa mempererat hubungan dengan suami anda. dimana saling mengungkapkan kebutuhan, permasalahan, ataupun juga kekhawatiran akan memperkuat hubungan kebersamaan satu sama lain.

Bagaimana bunda sudah tahu mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat? Sudah tahu dong pastinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Sampai jumpa.