BKPM atau badan koordinasi penanaman modal satu per satu sudah menyatukan izin usaha yang telah tersebar dalam kementrian. BKPM memiliki tugas baru untuk mengurusi semua perizinan usaha dari pihak kementrian perindustrian. Dari pihak kementrian, BKPM memperoleh limpahan untuk pengurusan izin sejumlah 436 izin dalam bidang usaha. Namun perinciannya tidak disebutkan dengan jelas. Akan tetapi dipastikan bahwa perizinan tersebut semuanya dari kementrian perindustrian. Hal ini dilakukan agar memberikan kemudahan kepada para investor dalam memperoleh izin.

Setelah mendapatkan pelimpahan izin usaha dari pihak kementrian, BKPM akan mempersiapkan untuk pembuatan sistem penyederhanaan dalam mengurus zin, BKPM nantinya akan membuat proses pengurusan izin sesuai dengan sektor industri yang berjalan atau jenis usaha yang dilakukan. Sehingga pelaku usaha tinggal datang saja dalam satu layanan untuk pengurusan semua perizinan usaha. Selain itu, perubahan kebijakan akan dipercepat untuk perizinannya. Selama ini dalam proses izin industri sampai 730 hari. Harapan dari BKPM prosesnya akan bisa dilaksanakan dalam kurun waktu selama 73 hari saja.

Namun utnuk penyederhanaan ini masih dalam proses menunggu keputusan dari pihak kementrian yang bersangkutan. Sampai saat ini pihak BKPM telah koordinasi bersama 18 kementrian teknis dan beberapa instansi terkait. Seperti kementrian esdm, kementrian kehutanan dan lingkunagan hidup, kementrian tenaga kerja, kementrian agraria dan tata ruang. BKPM dan kementrian yang akan melaksanakan koordinasi pada bulan desember untuk mempersatukan semua izin yang ada dalam lima kementrian yang ada. Untuk kementrian yang lan akan diajak bekerja sama agar bisa memutuskan dalam proses pengurusan izin di BKPM. Hal ini penting untuk mendukung sistem layanan izin satu pintu lewat program yang terpadu untuk satu pintu berskala nasional. Selama ini program satu pintu hanya dapat mengurus dua izin saja yaitu izin usaha dan izin prinsip. Semoga dengan dialihkannya perizinan usaha di BKPM akan memberikan banyak peluang investor dalam penanaman modal dan mengurus izin secara lancar. Semoga info ini bermanfaat.